Perkembangan Asuransi Syariah

Perkembangan Asuransi Syariah


Sejarah Asuransi Syariah
Sejarah terbentuknya asuransi syariah dimulai sejak 1979 ketika sebuah perusahaan asuransi jiwa di Sudan, yaitu Sudanese Islamic Insurance pertama kali memperkenalkan asuransi syariah. Kemudian pada tahun yang sama sebuah perusahaan asuransi jiwa di Uni Emirat Arab juga memperkenalkan asuransi syariah di wilayah Arab.

Setelah itu pada tahun 1981 sebuah perusahaan asuransi jiwa Swiss, bernama Dar Al-Maal Al-Islami memperkenalkan asuransi syariah di Jenewa. Diiringi oleh penerbitan asuransi syariah kedua di Eropa yang diperkenalkan oleh Islamic Takafol Company (ITC) di Luksemburg pada tahun 1983.

Bersamaan dengan itu, sebuah perusahaan asuransi syariah bernama Islamic Takafol &  Re-Rakafol Company juga didirikan di Kepulauan Bahamas pada 1983. Demikian juga halnya dengan Bahrain, sebuah perusahaan asuransi jiwa berbasis syariah, yaitu Syarikat Al-Takafol Al-Islamiah Bahrain didirikan tahun 1983.

Di Asia sendiri, asuransi syariah pertama kali diperkenalkan di Malaysia pada tahun 1985 melalui sebuah perusahaan asuransi jiwa bernama Takaful Malaysia.

Hingga saat ini asuransi syariah semakin dikenal luas dan diminati oleh masyarakat dan negara-negara baik muslim maupun non-muslim.

Sedangkan perkembangan Asuransi Syariah di Indonesia sampai dengan tahun 2012 telah ada lebih dari 43 perusahaan yang memasarkan produk asuransi syariah ( umum dan jiwa ) baik itu perusahaan asuransi (full Fledge) maupun cabang syraiah dari asuransi  konvensional.

Asuransi Syariah Indonesia dibawah regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK),  Dewan Syariah Nasional (DSN), Dan Majelis Utama Indonesia (MUI). Setiap perusahaan asuransi syariah harus memiliki dewan Pengawas Syariah (DPS) yang direkomendasika olejh  Nasional (DSN), Dan Majelis Utama Indonesia (MUI).

Apabila Bapak/Ibu ingin dibuatkan Polis Asuransi Prudential  Syariah silahkan klik menu PENDAFTARAN di menu atas website kami atau KLIK DISINI

Anda akan mendapatkan Illustrasi secara Gratis yang akan kami antar ke alamat tujuan Anda untuk memberikan penjelasan secara langsung.

Nasrudin 
0857-8108-3314
0821-1279-9696


No comments:

Post a Comment

INSTAGRAM FEED